Social Icons

Rabu, 16 Maret 2011

Jual Foto Kamu

Menyiapkan foto sebelum  upload...
Sebelum berharap jauh, ada baiknya Anda kumpulkan hasil jepretan kamera Anda. Mainkan selera dengan menyortir foto sesuai kebutuhan. Beberapa distributor foto online juga punya filter. Mereka tidak asal menerima foto untuk dipajang. Contohnya seperti Bigstock.com. Web ini memberi peluang bagi mereka yang menyukai tantangan memotret. Terang-terangan mereka akan membuang foto bunga, kucing, pemandangan atau apapun yang gampang dipotret. Bigstocks menyukai foto yang eye catching, kreatif , lagipula berguna di ladang online dan kepentingan publikasi lainnya. iStockphoto.com membahasakannya dengan cara yang sedikit beda. Mereka sangat menyukai ide gila, foto yang benar-benar beda, tapi tetap memenuhi standart mutu gambar. Tidak beresolusi kecil, dan tidak kabur. Bedanya dengan Bigstocks, iStocksphoto juga memperbolehkan produk olahan lain diluar foto, seperti video, musik, dan logo untuk diupload.


Photoboxgallery.com
|Popularitas: #192,681 - Alexa |Kebebasan yang diusung oleh photoboxgallery tidak berhenti pada memanjang foto gratisan, namun juga menentukan harga. Untuk memulainya, photoboxgallery tidak memungut biaya. Namun jika ada foto Anda yang laku, 10% untuk photoboxgallery. Untuk memilih foto yang akan dijual dan harga yang pantas, pihak distributor menyediakan acuan. Misalnya, untuk foto berukuran 8 x 11 inchi, Anda jual dengan harga 1.19 poundsterling. Dipotong 10% untuk photobox. Maka Anda akan menerima uang yang ditransfer lewat paypal sekitar 1.03 poundsterling. Soal jenis foto yang akan Anda pamerkan, tidak harus memenuhi kriteria tertentu. Bebas, termasuk soal kategorisasi foto. Anda boleh mengelompokkannya sendiri sesuai strategi pasar yang Anda miliki. Misalnya foto panorama, foto manusia, dan foto produk.





iStockphoto.com
Popularitas: #218 - Alexa |Saat Anda browsing foto secara bebas, foto dari istockphoto sering muncul dengan watermark silang dengan logo istockphoto di bagian tengahnya. Ini salah satu wujud perlindungan  iStockphoto pada para kontributor. Jika Anda berminat untuk menjadi kontributor, tinggal mengisi aplikasi yang ada di http://www.istockphoto.com.
Setelah itu Anda disodori kuis sederhana, lalu kirim 3 karya terbaik Anda. iStock foto tidak membatasi jenis karya. Anda bisa mengirim musik, video, logo, ilustrasi, bahkan animasi Flash. Khusus tentang foto, dari setiap pembelian foto yang Anda pasang, Anda akan memperoleh royalti sebesar 20% dari harga jual. Besarnya royalti beragam. Untuk ukuran Xsmall dihargai $0.30 sedangkan XXXlarge bisa sampai $7.50. Jika jumlah itu masih terlalu kecil, silahkan mengajukan aplikasi sebagai Exclusive iStock Artist. Sebab Anda akan mendapat 40% royalty. Bisa dibilang, upaya ini tidak mudah, sebab Anda harus mencapai 200.000 kali foto Anda didownload orang.


Bigstock.com
Popularitas: #3,873 - Alexa | Detilnya aturan yang dipaparkan oleh bigstock.com memang cukup beralasan. Sebab distributor ini akan menggaji Anda antara $2.50 hingga $60 dalam sekali download. Cukup menggiurkan. Untuk mencapai income setinggi itu ada tingkatannya. Sebagai pendatang baru, Anda musti rela dibayar 50 cents untuk setiap $3 pembelian dari foto Anda.Masa-masa sulit ini sangat bergantung pada jumlah foto yang laku. Kalau pengin cepet, mereka menawarkan paket special licensing agreement. Di dalamnya termuat aneka batas yang musti dipatuhi. Diantaranya soal mutu image, pemberian keywords, dan copyright. Cukup detil dipaparkan. Seperti misalnya, Anda adalah pelaku sekaligus pemilik foto tersebut. Pemberian keyword harus jujur. Kalaupun Anda memotret di dalam ruangan yang ada di kota tertentu, Anda harus menulis keywordnya seperti ini: editing,kantor e-life, kedung asem, surabaya, Indonesia. Keluh kesah juga kebahagiaan para kontributor bigstock.com dapat Anda baca di forumnya. Kalaupun web ini terlalu bawel soal duit, mending Anda gunakan untuk membaca pelaku pasar yang difasilitasi dengan sejuta aturan dan duit selangit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar